Tangsel (19/01) pasca launching Fasilitas Uji Emisi Sepedamotor, dilakasanakan pula penandatangan MoU antara Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dengan Emco (perusahaan Austria). Nota kesepahaman ini menyebutkan adanya kesepakatan alih teknologi, pembangunan kapasitas sumberdaya manusia terkait permesinan dan manufaktur di Indonesia.

 

 

Setelah itu, Duta Besar Austria untuk Indonesia Andreas Karabaczek mengunjungi fasilitas uji emisi di Balai Termodinamika,Motor dan Propulsi (BTMP). Pada kesempatan tersebut ditemani oleh Kepala BPPT Unggul Priyanto, Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa (TIRBR) Erzi Aqson Gani, Direktur Pusat Teknologi Industri Manufaktur (PTIM) Barman Tambunan, dan Direktur Pusat Teknologi Industri dan Sistem Transpotasi Rizqon Fajar.  Dipandu langsung oleh Kepala BTMP, Adhi Dharma Permana mempresentasikan secara gamblang fasilitas uji emisi yang dimiliki oleh BTMP.

 

Setiap tipe baru kendaraan bermotor yang akan dipasarkan di Indonesia wajib menjalani uji keamanan dan uji emisi gas buang di Direktorat Jendral Perhubungan Darat. “Selama ini uji emisi kendaraan bermotor diukur dengan menggunakan metode uji dengan kondisi mesin disimulasikan mengikuti siklus kemudi. “terang Adhi Dharma.

 

 

Unit Kerja BPPT