Analisis Geometri Dek Jembatan Sungai Musi 3

 

Kajian karakteristik aerodinamika memegang peranan penting dalam perancangan sebuah struktur seperti jembatan. Interakasi antara gaya dan momen aerodinamika dengan struktur seperti flutter atau getaran terinduksi vortex merupakan hal penting yang harus diteliti sebelum struktur dibangun. Interakasi aerodinamika-struktur ini menentukan daya tahan dan daya layan struktur tersebut.

 

Biasanya kajian mengenai karakteristik aerodinamika pada sebuah struktur dilakukan dengan pendekatan eksperimen menggunakan terowongan angin. Namun kajian dengan eksperimen ini kerap kali menkonsumsi waktu, tenaga dan biaya yang sangat tinggi. Kajian karakteristik aeodinamika ini dapat juga dilakukan dengan pendekatan numerik. Cara ini cukup efektif untuk melihat gambaran besar pola aliran di sekitar struktur dan untuk memperoleh prediksi nilai gaya dan momen aerodinamika yang bekerja pada struktur tersebut. Dengan cara ini proses iterasi perancangan dapat berjalan lebih ekonomis.

Pengembangan Konfigurasi Aerodinamika PUNA Sriti

 

Kegiatan ini dilakukan melalui pendanaan riset insentif PKPP 2012. Dalam riset ini pengembangan konfigurasi aerodinamik Pesawat Udara Nir-Awak (PUNA)-Sriti dilakukan untuk meningkatkan jarak jelajah dan daya tahan terbang. Riset ini merupakan upaya untuk mendukung program rancang bangun PUNA-Sriti BPPT. Riset pengembangan konfigurasi ini meliputi perhitungan ulang parameter-paramter konfigurasi, studi dan penetapan konfigurasi baru, dan analisis konfigurasi baru. Studi dan analisis konfigurasi baru dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas Sub Laboratorium Dinamika Fluida Komputasional (CFD) UPT LAGG BPPT.

Gambar dibawah memperlihatkan beberapa tampilan perangkat komputasi dalam kegiatan ini.

Puna Sriti

 

Jembatan MERAH‐PUTIH di Indonesian Low Speed Tunnel (ILST)

 

Jembatan Merah Putih adalah jembatan cable stayed yang akan dibangun di propinsi Maluku, menghubungkan daerah Galala dan Poka. Untuk pengujian ini telah digunakan terowongan ILST (Indonesian Low Speed Tunnel), yakni salah satu terowongan angin yang di operasikan oleh UPTLAGG BPPT. Dimana seksi uji terowongan adalah 3m x 4m x 10m dan dapat memberikan 2 jenis profil angin:

Ringkasan Eksekutif Fokus Kegiatan CNS/ATM pada Tahun 2010

Program Communication Navigation Surveillance / Air Traffic Management(CNS/ATM) adalah program kegiatan penelitian, pengembangan dan perekayasaan teknologi informasi dan komunikasi di unit kerja PTIK-BPPT untuk menjawab permasalahan nasional dalam bidang penerbangan sipil. Kegiatan ini bertujuan menjaga kedaulatan atas ruang udara Indonesia dengan menyiapkan implementasi teknologi CNS/ATM yang dibutuhkan untuk peningkatan kualitas layanan bagi penerbangan sipil dengan menjamin keselamatan dan efisiensi penggunaan ruang udara untuk penerbangan domestik maupun internasional serta peningkatan partisipasi berbagai institusi pemerintah, BUMN dan industri swasta nasional.