Pengembangan Aplikasi Pendukung Perpustakaan UPT LAGG Berbasis Web

Sehubungan dalam kegiatan memajukan Perpustakaan UPT LAGG, LAGG membentuk tim yang ditugaskan untuk mengembangkan aplikasi berbasis web untuk keperluan perpustakaan.

Tim ini dimasukkan kedalam kegiatan fungsional perekayasa dan ditangani langsung oleh Sub. Bid. TRIE yang dikepalai oleh Muhammad Taufiq beserta Staff pendamping Arizal Akbar Zikri. Aplikasi ini masih aktif dikembangkan oleh tim perekayasa LAGG.

 

Pengembangan aplikasi ini memasuki tahapan penyempurnaan dan sudah berlangsung selama sekitar enam bulan. Berikut ini merupakan tampilan utama aplikasi:

Penerangan Rumah Pedesaan Surya Sistem AC di Tulang Bawang

Pemakaian sistem PLTS di Indonesia telah merupakan salah satu pilihan teknologi yang dipertimbangkan oleh pemerintah untuk mengatasi pengadaan listrik di daerah terpencil diseluruh kepulauan Indonesia khususnya daerah-daerah terpencil yang belum terjangkau oleh jaringan listrik PLN. Biasanya pelistrikan desa dilakukan dengan menggunakan mesin diesel yang relatif lebih murah biaya investasinya dibandingkan sistem PLTS, akantetapi mesin disel mempunyai sistem efisiensi ang relatif rendah apabila dioperasikan tidak dengan bean penuh, sehingga mengakibatkan biaya perawatan dan operasi yang relatif tinggi, selain juga mesin diesel mengakibatkan pencemaran udara. Penelitian perhitungan life-cycle cost antara mesin disel dan PLTS akan memberikan gambaran bahwa sistem PLTS dapat bersaing.

Aplikasi Energi Surya dalam Pengolahan RSS Sebagai Pengumpulan dan Pengawet Karet Sit di Palembang

Ekspor karet alam Indonesia pada tahun 2008 adalah 2,295 juta ton dengan total devisa 6,05 milyar dolar Amerika, yang sebagian besar terdiri dari 2,148 juta ton (93,6%) sebagai SIR (Standard Indonesian Rubber), dan 137,7 ribu ton (6,0%) dalam bentuk sit asap/RSS (Ribbed Smoked Sheet). Faktor-faktor penting yang mempengaruhi mutu akhir dalam pengolahan sit asap/Ribbed Smoked Sheet (RSS) adalah penggumpalan lateks, pengasapan dan pengeringan. Proses pengasapan dan pengeringan menggunakan kayu bakar mempunyai kelemahan yakni sulit mencapai: konsentrasi konstituen asap, waktu optimum dan suhu pengasapan yang konstan. Kamar asap harus selalu dijaga agar kayu bakar selalu menghasilkan asap yang berfungsi sebagai pengawet sit dan udara panas sebagai pengering sit. Proses pengeringan RSS memerlukan kayu sebanyak 4 m3 per ton karet kering dan waktu yang lama (5 - 6 hari). Selain itu juga timbulnya pencemaran lingkungan oleh CO2 sebanyak 46% dari berat/berat kayu.

Penerapan Teknologi Penerangan Lampu Jalan Sistem Surya AC di Banjarbaru Kalimantan Selatan

Pemanfaatan sistem PLTS untuk penerangan lampu jalan umum (PJU) telah mulai banyak diimplementasikan di beberapa daerah di Indonesia. Pemanfaatan PJU ini sejalan dengan berkembangnya teknologi lampu yang mempunyai konsumsi daya listrik yg relatif kecil, sehingga sangat efisien jika dimanfaatkan baik pada daerah terpencil maupun di perkotaan.

Pengembangan Aplikasi Fungsional Litkayasa

Sehubungan dengan dilaksanakan program kegiatan funsional kerekayasaan dengan nama kegiatan "Organisasi Fungsional Rekayasa" oleh Subbid TRIE UPT LAGG - BPPT, dirancang sebuah aplikasi sistem informasi untuk Fungsional Litkayasa. Aplikasi ini diberi nama dengan "LeadKAYASA". Saat ini aplikasi tersebut masih dalam tahap beta.

 

Aplikasi Fungsional Litkayasa

Untuk lebih rinci tentang fitur-fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini, silahkan klik alamat berikut. Untuk mengetahui cara menggunakan aplikasi ini, dapat merujuk ke alamat ini.

Bagi Anda yang berminat untuk mencoba aplikasi in, silahkan menghubungi langsung developer via email yang tertera didalam artikel fitur atau petunjuk penggunaan aplikasi

More Articles...

Page 1 of 2